Selasa, 17 Maret 2009

SAMBUTAN WALIKOTA YOGYAKARTA

SAMBUTAN WALIKOTA YOGYAKARTA DALAM PENTAS BUDAYA TARIAN CACI MANGGARAI

Assalamu’alaikum Wr. Wb dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yth. Bapak Bupati Kabupaten Manggarai Timur
Serta seluruh anggota Ikatan Keluarga Besar Manggarai Timur yang berbahagia.

Kota Yogyakarta yang penduduknya memiliki tingkat heterogen tinggi mengemban begitu banyak khasanah tradisi, yang bersumber dari keanekaragaman budaya yang terangkai dalam jalinan Bhineka Tunggal Ika. Bertemunya berbagai budaya tersebut menjadi kekayaan yang sangat berharga bagi kota Yogyakarta. Menciptakan mozaik budaya yang sangat indah dan menjadi kekuatan budaya yang luar biasa.

Namun demikian, tantangan kita sekarang adalah bagaimana menjaga “keberlangsungan pemeliharaan” warisan budaya tersebut. Banyak di antara kita yang kurang memiliki kesadaran memiliki benda dan nilai-nilai sebagai cagar budaya. Selain itu, beberapa tahun belakangan ini kita mulai merasakan termarginalnya budaya-budaya lokal. Degradasi budaya ini secara faktual dipicu adanya perkembangan politik, sosial, ekonomi dan sosio-kultural yang secara tidak langsung menyebabkan perubahan kultural yang mendasar di kalagan masayarakat.

Pemerintah kota Yogyakarta memiliki komitmen yang tinggi guna menjaga citra ‘kota Yogyakarta sebagai kota berbudaya” seperti yang tercantum dalam misi kota Yogyakarta yaitu mempertahankan predikat kota Yogyakarta sebagai kota budaya dan kota perjuangan yang menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Pelestarian budaya menjadi sangat penting dipertahankan karena budaya merupakan tata nilai, simbol-simbol dan produk dari perikehidupan manusia yang akan mengahantarkan kita kepada tata kehidupan yang dinamis dan indah. Membangun sebuah peradapan yang lebih maju.

Berbagai strategi kebijakan pembangunan di bidang budaya telah ditetapkan oleh pemerintahan kota Yogyakarta antara lain:
1. Meningkatkan budaya kebersamaan dan kemandirian masyarakat melalui penguatan dan fasilitasi kegiatan komunitas dalam rangka mendukung percepatan pemulihan kondisi pasca gempa bumi
2. Memanfaatkan tingkat heterogenitas budaya yang ada dalam suatu interaksi positif antar budaya, sehingga menjadikan Yogyakarta sebagai kota berbudaya dengan wawasan global
3. Mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai positif budaya lokal guna mempertahanakan jati diri dan kepribadian bangsa
4. Melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menangkal pengaruh negatif globalisasi
5. Mendorong dan menumbuhkembangkan daya kreasi masyarakat dengan tetap mengaju pada etika, moral dan estetika, sehingga budaya lokal akan tetap terpelihara dan berkembang secara dinamis.
6. Memberikan apresiasi kepada pelaku-pelaku seni dan budaya sehingga selalu ada motivasi untuk berkembang dalam mempertahankan budaya lokal.

Hadirin yang berbahagia,
Kami menyambut dengan gembira terbentuknya kabupaten Manggarai Timur, kebijakan ini sangatlah efektif dan strategis menghantarkan masyarakat Manggarai Timur menuju penghidupan yang lebih baik dan berkualitas menuju kabupaten yang otonom. Dan agar kebudayaan Manggarai Timur dapat segera mencapai popularitas, perlu memiliki hal yang menonjol sebagai kekhasan daerah yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Kami menyambut baik di selenggarakannya Pentas Budaya Tarian Caci oleh Ikatan Keluarga Besar Manggarai Timur Seluruh Yogyakarta dalam menyongsong realisasi pembentukan kebupaten Manggarai Timur. Hikmah lain dari pentas budaya ini adalah untuk memperkenalkan budaya lama kepada generasi muda agar mampu melestarikan dan mempertahankan warisan budaya leluhur.

Tarian adat caci yang heroik, semoga maknanya dapat ditangkap secara luas tidak sekadar sebagai bentuk seni. Semangat kepahlawanan, keperkasaan, keralaan berkorban dalam suasana penuh kekeluargaaan dan kerbersamaan yang terangkai lewat gerakan-gerakan tarian yang bernuansa seni semoga dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat kabupaten Manggarai Timur dalam mengembangkan dan memajukan kedaerahan.

Aksi seni yang indah akan menjadi dasar pembentukan budaya masyarakat yang baik, dan ini akan mengarah kepada terciptanya perilaku-perilaku yang terpuji. Akhirnya, dengan mengucap “ bissmillahirrohmannirrohiim”, Pentas Budaya Tarian Caci secara resmi saya nyatakan dimulai. Semoga forum ini dapat meningkatkan solidaritas dan ras saling percaya di antara seluruh insan kota Yogyakarta.
Sekian.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Walikota Yogyakarta

ttd


H.Herry Zudianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar